Sabtu, 13 November 2010

GALAXY BIMA SAKTI

Tidak ada sesuatu yang lebih misterius dan kelihatan menakjubkan di langit selain dari Galaksi, yang membentang seperti untaian permata dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lainnya. Pada zaman purba, ketika orang-orang memandang pertunjukkan yang besar ini, mereka dipenuhi perasaan kagum akan keindahannya sama seperti kita. Tetapi karena tidak benar-benar mengetahui apakah itu, mereka menyusun segala macam penjelasan yang aneh dan indah tentang Galaksi.



Galaksi kita dibentuk secara kasar seperti sebuah jam tangan, bundar dan datar. Jika kita dapat naik di atasnya dan melihat ke bawah, galaksi itu akan tampak seperti sebuah jam tangan yang luar biasa. Tetapi kita sekarang berada di dalam galaksi ini, dan jika kita melihatnya ke atas berarti kita memandang ke arah tepi dari dalam "jam tangan" itu. Jadi, kita melihat tepi yang mengelilingi kita itu. Dan karena terdapat jutaan bintang di dalamnya, kita melihat galaksi itu sebagai Bimasakti.


Diketahui bahwa terdapat paling tidak 3.000.000.000 bintang di dalam galaksi. Dan inilah gambaran tentang ukurannya. Memerlukan waktu selama delapan menit bagi cahaya dari matahari untuk mencapai bumi. Galaksi berputar pada pusatnya seperti sebuah roda. Dari posisi kita di dalam galaksi, akan memerlukan waktu kira-kira 200.000.000 tahun hanya untuk membuat satu putaran. Tahun galaksi didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan matahari untuk mengelilingi galaksi yaitu sekitar 240 x 10 pangkat 6 tahun. Perhitungan massa galaksi, juga dapat dilakukan dengan melakukan rumus kepler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar